Minggu, 02 Februari 2014

Peluang Usaha Rental Mobil

Peluang usaha rental mobil sekarang ini adalah usaha yang paling baik untuk dijalankan. Besarnya kebutuhan akan transportasi cepat membuat orang mencari mobil rental yang bisa disewa untuk kebutuhan pribadi. Peluang ini dapat anda ambil cepat dengan mempertimbangkan aspek modal usaha dan tempat usaha yang strategis.

Dalam menjalankan usaha rental mobil, kendala permodalan adalah faktor yang paling penting agar usaha dapat berjalan dengan baik. Selain itu penetapan harga sewa juga menjadi hal yang penting karena biaya operasional kendaraan harus menjadi perhitungan utama dalam menentukan harga sewa harian, mingguan atau bulanan. Biasanya di suatu daerah sudah ada harga sewa yang berlaku secara umum, anda bisa mengacu ke harga yang ada.

Perluasan jaringan usaha adalah aspek hidupnya suatu rental mobil. Banyaknya rekanan yang dapat dihubungi untuk menjadi pelanggan tetap perlu diperhatikan, selain itu pelayanan yang baik akan menjadi hal yang harus diutamakan kepada user yang akan menyewa mobil. Menyiapkan perlengkapan kecil seperti tissue, pharfum dan charge handphone diatas mobil merupakan hal yang sangat penting begitupun dengan sopir jika costumer membutuhkan.

Jalankan usaha dengan manajemen yang baik, pengalaman beberapa usaha rental mobil, biasanya jika usaha rental mobil anda lancar, maka banyak orang akan percaya kepada anda untuk menitipkan mobil mereka ke usaha rental anda dengan bentuk kerjasama bagi hasil. Dengan demikian anda mendapatkan tambahan mobil untuk memperluas usaha.

Agar anda tidak bingung bagaimana cara membuka usaha rental mobil, berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat anda jadikan pedoman dasar dalam menjalankan usaha rental mobil

Tips Sukses Dalam Membuka Usaha Rental Mobil :

  • Carilah tempat usaha yang lokasinya strategis : Jangan takut untuk sewa tempat yang strategis, harga sewa yang mahal akan sebanding dengan keuntungan yang akan anda peroleh.
  • Survei kebutuhan dan selera konsumen : Biasanya penyewa mobil di sekitar anda butuh yang bermuatan banyak atau tidak.
  • Gunakan tehnologi GPS : Dengan tehnologi ini anda bisa memantau lokasi dimana mobil rental anda berada saat ini. Alat ini sangat baik digunakan di mobil rental untuk mengantisipasi jika pelanggan ingkar janji dan membawa mobil untuk dijual ke orang lain.
  • Asuransikan mobil rental anda : Tujuannya untuk memindahkan risiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dll yang menimpa mobil rental anda ke pihak asuransi.
  • Kerja sama dengan Bengkel atan Montir langganan : hal ini sangat penting karena dengan melakukan kerja sama maka pihak bengkel akan memperhatikan mobil anda dan anda mendapatkan discount khusus dari bengkel tersebut.
  • Lakukan promosi yang berkesinambungan. Manfaatkan semua media promosi yang ada disekitar anda, mulai dari brosur, iklan baris di koran lokal, via online dan pemasangan spanduk. Bila diperlukan buat satu tim Marketing yang bekerja mempromosikan ke setiap perusahaan di daerah anda dan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak perusahaan yang sering butuh mobil rental.
Bagi anda yang ingin memulai usaha rental mobil tapi modal masih kecil, anda bisa memulainya dengan mobil yang dibeli secara kredit. Sebagai awal usaha anda dapat menjadi sopirnya dulu. Jalin kerjasama dengan rental besar dengan sistem bagi hasil, dan jika usaha anda berkembang, anda dapat memulai dengan mencari tempat usaha dan lain-lain. 

Lakukan tipsnya secara konsisten dan terfokus untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga Berhasil!