Selasa, 21 Januari 2014

Peluang Usaha Jualan Baju Anak-Anak

Peluang Usaha di segmen baju anak-anak adalah pangsa pasar yang sangat luas untuk dimasuki, tidak terkecuali usaha yang dimulai dari rumah dengan memanfaatkan hubungan kekerabatan antar tetangga. Setiap rumah yang ada disekeliling kita adalah kelompok keluarga yang pasti memiliki buah hati. Besarnya kasih sayang orang tua terhadap anak dapat dimanfaatkan dengan cara menawarkan baju untuk jagoan mereka dengan kualitas sedang dengan harga yang terjangkau.

Peluang bisnis ini telah saya coba jalankan beberapa tahun yang lalu, dan luar biasa hasilnya, keuntungan bisa sampai 50% dari modal usaha. Coba saja anda hitung, jika saya membeli baju ukuran anak secara online dengan harga kisaran Rp 5.000 hingga 7.500 dan saya menjual ke tetangga dan kerabat dengan harga kisaran 12.000 hingga Rp.15.000, pasti anda bisa hitung secara kasar keuntungan rata-rata sekitar 50%.

Masalah yang ada jika kita membeli secara online dengan cara grosir adalah kualitas pakaian yang dikirim tidak rata, dalam 1 lusin baju anak terdapat 6 baju dengan kualitas standar dan sisanya baju dengan kualitas dibawah standar. Keadaan ini dapat disiasati dengan cara menjual baju dengan kualitas standar dengan harga yang lebih besar dari harga baju dengan kualitas dibawah standar dengan memperhitungkan modal usaha dan biaya operasional.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika ingin memulai usaha jualan baju anak, tips yang saya bagikan ini adalah hasil dari pengalaman saya dan istri jualan baju buat anak :
  1. Sebelum memulai usaha, survei dulu daerah sekitar anda, apakah tetangga di daerah anda rata-rata memiliki anak yang usia 3 tahun hingga 9 tahun karena jika tidak anda akan kesulitan untuk memasarkan produk anda.
  2. Jika barang dibeli secara online, sebaiknya lakukan kontak langsung dengan penjual dan tanyakan secara detail setiap produknya. Lakukan browsing untuk membandingkan harga dan jangan terpedaya dengan harga super murah, biasanya harga murah menunjukkan kualitas murahan dan seringkali website yang menawarkan murah biasanya penipu. Sebelum memutuskan membeli cek ke google dengan memasukkan nama website atau nama penjual atau nama di rekening dan menambahkan kalimat penipu di mesin pencari, jika website, penjual tersebut pernah melakukan penipuan, maka orang yang tertipu biasanya mengupload nama website atau penjual di internet.
  3. Libatkan istri untuk memasarkan ke perkumpulan ibu-ibu, seperti arisan RT/RW, pengajian, kegiatan ibu PKK dll. Selain itu segmen pasar yang baik untuk dimasuki adalah sekolah TK dan SD, biasanya ibu-ibu ngumpul nunggu anak mereka pulang, untuk dapat waktu yang pas sebaiknya kunjungi sekolah TK atau SD disaat jam mendekati waktu pulang sekolah.
  4. Dalam melakukan penjualan, lakukan pendekatan emosional ke ibu-ibu dengan menanyakan kabar jagoan mereka dan sedikit gosip ria hehehe.... :)
  5. Perluas jaringan penjualan dengan cara melakukan trip reseller, ibu-ibu yang mempunyai kemampuan jualan atau mereka ada jualan juga, ajak mereka kerja sama dengan bagi hasil yang menggiurkan atau tukaran jualan, anda memasarkan produk mereka dan mereka memasarkan produk anda.
  6. Lakukan kegiantan ini secara fokus, mandari dan konsiten, pasti ada hasil yang anda dapatkan.
Demikian peluang bisnis rumahan jualan baju anak, mudah-mudahan bermanfaat buat anda yang baru ingin merintis usaha jualan baju anak-anak.